Suka Main Game Online? Hati – Hati dengan 4 Dampak Negatif Ini

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa permainan yang melibatkan technology games online ini sangat digemari oleh orang-orang zaman sekarang. Ketika seseorang memainkan game online sebenarnya permainan tersebut memberikan banyak sekali manfaat penggunanya. Namun saat ini banyak orang yang telah menyalahgunakannya.

Khususnya pada anak-anak dan remaja, game online yang dimainkan secara berlebihan justru sangat merugikan. Diperlukan ketegasan dari orang tua dalam mengontrol kegemaran dari anak-anak mereka. Berikut ini adalah dampak negatif dari permainan games online, yaitu:

  1. Kesehatan Menurun

Dari segi kesehatan ini sangat lah memiliki efek yang signifikan. Sebab apabila seorang anak atau remaja yang sudah ketagihan memainkan game online secara terus menerus, dia akan merasa kelelahan akibat melihat layar monitor. Radiasi yang dipancarkan oleh layar dapat langsung mengenai mata, sehingga dapat mengganggu kesehatan mata. Selain itu anak akan malas, sehingga menyebabkan obesitas, penyakit syaraf, ambeien dan penyakit disekitar tulang punggung.

  1. Gangguan Mental

Selanjutnya, gangguan mental yang juga dari segi psikologis. Dengan kemajuan technology games online ini mengakibatkan adegan yang diperagakan pada setiap permainannya akan terlihat seperti nyata. Adegannya pun biasanya berupa tindakan kriminal seperti perkelahian , pengrusakanm pembunuhan yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi alam bawah sadar seseorang bahwa kehidupan nyata adalah seperti yang dia lihat dalam game tersebut.

  1. Mempengaruhi Prestasi Belajar

Ketiga dengan waktu. Karena apabila seseorang sudah kecanduan untuk memainkan game online ini maka dia akan kehilangan banyak waktunya untuk belajar. Bahkan hal yang paling parah adalah anak akan memilih bermain game online dari pada harus belajar.

  1. Mengajarkan Pemborosan

Dampak buruk yang terakhir ini berkaitan dengan ekonomi. Seseorang yang sudah ketagihan dengan technology games online pasti akan terus terusan ingin memainkannya. Memainkan game online pasti diperlukan biaya, mungkin dalam fasilitas komputer di rumah, namun apabila tidak bisa di rumah pasti mereka akan pergi ke warnet game online untuk memainkannya. Kemudian orang yang sudah ketagihan pasti memainkan game dalam waktu lama sehingga pastinya nanti juga mengeluarkan uang banyak dan itu mengajarkan pemborosan.

4 thoughts on “Suka Main Game Online? Hati – Hati dengan 4 Dampak Negatif Ini”

    1. iya mba nathalia, sebagai orang tua hrs bs mengendalikan anak.
      Ya meskipun kadang anak sampe nangis, gara2 minta main game, tp tetep hrs ada batasnya dan tegas hehehe

    1. bener mba ria, saya sering banget liat di warnet itu isinya anak – anak main game online semua, dari pagi sampe mlm gak berenti – berenti. Sampe ada yg disamperin sama orangtuanya, gara2 lupa pulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *